Nostalgia bersama VSAT IM2 yang akhirnya harus direlokasi (sebuah pekerjaan penuh arti)…

Sejak Februari 2006 SMK Negeri-1 Pangkalan Bun sebagai salah satu ICT Center yang ada di Indonesia untuk pemenuhan kebutuhan koneksi internet menggunakan jasa VSAT IM2, mulai saat itu pula kami membangun WAN Pangkalan Bun tujuannya tidak lain agar bandwith internet yang ada bisa di pakai bersama antar sesama sekolah yang ada di kota Pangkalan Bun. Setelah saya dan Pak Beritam pulang mengikuti Diklat Sys Admin di ICT Center Jakarta, mulai lah pengerjaan mulai dari pointing nyari signal satelit yang berhari-hari dan mendirikan tower 40 meter.  Pokoke selama bulan Februari 2006 itu penuh dgn kesibukan yang ruar biasa, dan yang tidak pernah saya lupakan adalah sampe pelopak mata saya bengkak dua-duanya, dan akhirnya harus di operasi kecil 3 kali (karna kurang tidur) duuuhhhhh……gak kebayang sekarang.

Setelah pendirian tower, pemasangan AP dan Antena Omni, pekerjaan berikutnya menyusul yaitu buat router yang juga dikerjakan berhari-hari (maklum juga msh belajar saat itu). Setelah semua beres di SMK-1 P. Bun selaku NOC dilanjut dengan pemasangan antena grid dan AP di client. Pada mulanya hanya ada bbrp sekolah yang bergabung menjadi client antara lain, SMP Negeri-1 Pangkalan Bun, MAN Pangkalan Bun dan SMA Negeri-3 Pangkalan Bun. Setelah bbrp bulan berjalan bergabung lagi SMA Negeri-2 Pangkalan Bun, MTs Negeri Pangkalan Bun , SMA Negeri-1 Pangkalan Bun dan SMK Harapan Pangkalan Bun, juga ada Warnet Pahala.Net Cafe.

Dalam perjalanan bbrp bulan kedepan saat itu banyak sekali kendala/trouble yang terjadi, sms pun datang silih berganti, macet ron…., tdk connect bozzz…, gak mau browsing pak…dll, ya saya ladeni dengan kesabaran tingkat tinggi, yg bisa saya atasi sendiri ya diatasi sendiri, yg gak bisa ya tanya sana-sini.  Berkat tanya sana-sini allhamdulillah semua bisa teratasi (terima kasih buat yang sering ditanya…..).  

Singkat cerita sampai Februari 2008 semua proses administrasi pembayaran ke ke pihak IM2 berjalan normal, walaupun kadang2 juga sempat nunggak. Akhirnya pada Maret 2008 saya melihat ada situasi yang kurang kondusif di internal sekolah dan bbrp client sekolah lain juga mengalami kesulitan biaya, maka setelah saya konsultasi dengan kepsek maka diambilah keputusan untuk berhenti berlangganan VSAT IM2, hal ini juga di dukung oleh adanya fasilitas koneksi Jardiknas yang saya liat sudah mulai stabil dan mencukupi tuk di sharing ke bbrp client sekolah dan tak kalah pentingnya tis..tis..gratis lagi.

Selanjutnya pada tanggal 5 Maret 2008, resmi lah VSAT IM2 di relokasi ke pihak swasta yang berminat. Waktu pembongkaran VSAT IM2 saya turut menyaksikan sendiri dan hanya geleng2 kepala dan merenung akhirnya apa yang saya bangun bersusah payah harus cabut juga…yeah….banyak pelajaran dan dan pengalaman yang tak terhingga dari situ. Dalam pikiran saya kenapa…kenapa..tidak dipertahankan saja, kan bisa di load balancing BW nya dengan Jardiknas biar tambah ngebut, tapi apa boleh buat…seandainya saja saya jadi…………………….(jadi apa hayooo……………….) mungkin ttp saya pertahankan, juga dalam pikiran saya apa ini ke kurang kemampuan saya me-manage, tp tidak rasa nya tidak, saya kan hanya di sisi teknis saja, masa harus ngurusi juga di luar teknis………..yeah……………….sekali lagi apa boleh buat.

4 Balasan ke Nostalgia bersama VSAT IM2 yang akhirnya harus direlokasi (sebuah pekerjaan penuh arti)…

  1. leni mengatakan:

    turut berduka cita ya pak…atas pergina payungna tea…semoga bapak mendapatkan yang lebih baik dari yang itu N semoga kerja keras bapak ada hikmahna. he..he…pokokna ciayo…!!!!^_^

  2. hesta mengatakan:

    hah???
    hmmmm…….emg banyak kenangannya……

  3. irfan mengatakan:

    pak, perguruan tinggi tempat saya bekerja juga pake VSAT IM2 tapi lelet banget yah padahal dah 512kbps, katanya segh karena UP TO yang bermasalah, gimana ada solusinya ngga,,? kalo ada kirim ke mail saya yah di irfan@polipera.ac.id

  4. apip mengatakan:

    saya dapat gratisan tiap bulan dengan IM2 karena saya ikutan KID, lumayan kerja dengan menggunakan IM2 KID selesai dalam 7 menit..wah pokoe IM2 sip…

Tinggalkan Balasan

