Dag dig dug nunggu hasil UN akhirnya terjawab juga

Para siswa, orang tua dan juga guru pasti merasakan dag dig dug menunggu hasil Ujian Nasional 2007/2008. Terlebih bagi siswa kelas 3 SMK Negeri-1 Pangkalan Bun penantian untuk lulus dari sekolah selama 3 tahun bahkan ada yg 4 tahun terjawab sudah pada hari Sabtu tanggal 14 Juni 2008 pukul 10.00 wib.

Ya…hari itu adalah hari dimana saatnya hasil UN di umumkan, sebelum pembagian amplop yang berisi LULUS/TIDAK LULUS dibagikan kepada para siswa, pengarahan2 pun diberikan diantara nya oleh Kepala Sekolah, Panitia Ujian dan Pihak Kepolisian yang bertugas mengamankan jalannya pengumuman.

Usai pengarahan2 tersebut dilanjutkan membagi amplop satu per satu kepada siswa-siswi, sambil berjalan menuju panggilan dan menyalami bapak/ibu guru yang ikut berjejer dan menyaksikan wajah2 tegang di raut muka siswa-siswi. Begitu amplop diterima disarankan untuk membukanya di luar pagar dan…..brek..brek..amplop dibuka hasil nya L U L U S bersorak gembira lah yang menerima amplop berlabelkan LULUS tersebut, sebaliknya yg kurang beruntung pada hari itu membuka amplop dengan tulisan TIDAK LULUS maka raut muka tambah berubah tidak karuan keliatannya, bahkan menangis dan meraung-raung berseberangan dengan yg berteriak-teriak lulus…lulus….seolah-olah yg lulus ini tidak perduli lagi dengan temannya yg tidak lulus. Tapi ada juga yang dengan sederhana merayakan kelulusannya berusaha menghibur temannya yg tidak lulus…salut….salut…sudah seharusnya yg lulus berusaha semaksimal mungkin memberikan nasihat kepada temannya yg tidak lulus.

Tidak lupa budaya coret mencoret baju seragam hal yang tidak pernah hilang selama pengumuman ini terjadi, ternyata bbrp jam sebelum pengumuman mrk sdh siap dengan spidol besar dan kecil untuk coret2an ini, bahkan pakai segala semprotan filox lagi. waduh….ternyata budaya ini dari tahun ke tahun sulit sekali dihilangkan. apa boleh buat…………

Dari hasil rekap yang saya miliki, SMK Negeri-1 Pangkalan Bun tahun pelajaran 2007/2008 ini cukup banyak siswa yang mengalami kegagalan alias tidak lulus. Jumlah Peserta yang ikut ujian akhir 246 orang, yang lulus 182 orang dan tidak lulus 64 orang. Program Keahlian Akuntansi tidak lulus 23 orang, Sekretaris tidak lulus 4 orang, Penjualan tidak lulus 33 orang dan Multimedia tidak lulus 4 orang.

Akhinya saya selaku salah satu pengajar di SMK Negeri-1 Pangkalan Bun terutama di Program Keahlian Multimedia, mengucapkan selamat kepada siswa-siswi yang berhasil lulus dan bagi yang belum masih ada kesempatan yang tahun depan atau langsung mengikuti paket C yang diselanggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Pengajaran. Saya pun hanya bisa menyampai pesan jangan berkecil hati bagi yang belum lulus tahun ini dan selamat bagi yang lulus.  

Untuk yang lulus tantangan kalian tidak kalah besar ada di depan, sebab anda harus berpikir mau kemana mengantongi ijazah nanti. Untuk yang mau melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi lagi/kuliah persiapkan segala sesuatunya dan jangan sampai salah pilih dalam memilih perguruan tinggi. Bagi yang tidak melanjutkan ke bangku kuliah, apabila tidak mau di cap sebagai pengangguran maka siapkan bekal dan keterampilan untuk memasuki dunia kerja yang penuh dengan tantangan dan cobaan.

Yang kita ingat ada kata dari orang bijak, usaha sudah, doa sudah, hasil akhir Tuhanlah yang menentukan.

 

 

3 Balasan ke Dag dig dug nunggu hasil UN akhirnya terjawab juga

  1. Miftahul Huda mengatakan:

    hahaha…………….
    akhirnya 3 tahun udah berlalu,
    dan tanggal 14 juni tahun 2008 lah yang menentukan anak seluruh smu dan yang sederajat LULUS/TIDAK LULUS.
    dan dihari itulah seluruh anak smu udah menentukan hasil yang telah dicapaix selama 3 tahun duduk disekolah menengah umum + 12 tahun sudah duduk dibangku sekolah.

    omong omong nih……..
    saya sendiri nih,
    sewaktu udah bawa amplop semua badan q udah gementar,
    & pikiran saya antara LULUS & TIDAK LULUS aja????????
    soalx sewaktu malam sebelum pengumuman kelulusan, aq sudah ga bisa lagi tidur.
    akhirnya saya bawa nonton euro2008 juga hatiku masih lom tenag juga.
    akhirx sewaktu pengumuman

    “ALHAMDULILLAH, AKHIRNYA AKU BISA LULUS JUGA”

    meskipun teman2 q juga banyak yang tidak lulus.

  2. riyo mengatakan:

    allhamdulillah saya bisa lulus tahun ini, tidak sia2 3 tahun sekolah, lembur ngerjakan tugas sampe tengah mlm…

    tapi saya jg ngerasa sedih dan gk nyangka juga ada temen yang gk lulus dan jumlah nya pun jg lebih banyak dari tahun kemarin…

    selaiin itu saya juga harus berpisah dengan teman yg lain…karena mereka udah menempuh jalan hidipnya masing2…

    dan buat temen2 yang belum lulus tetap semangat jangan berkecil hati…

  3. Leni mengatakan:

    yupz…alhamdulillah pokokna lega sekaligus sedih tapina, coz sebenerna masih lom rela sih melepaskan seragam abu-abuna tapi ya gimana lagi dah waktuna melangkah lebih maju lagi ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: